EKONOMI MIKRO DAN MAKRO

Ekonomi makro merupakan kegiatan perekonomian yang mempelajari secara keseluruhan,  artinya dalam cabang ilmu ekonomi makro menjelaskan perubahan ekonomi yang memengaruhi banyak masyarakat, perusahaan, dan pasar.  Dalam perkembangan Ekonomi Makro berkaitan dengan masalah ekonomi publik (negara).
Aspek analisis dalam Ekonomi Mikro adalah sebagai berikut:
  • Pendapatan nasional
  • Investasi
  • Kesempatan kerja
  • Inflasi
  • Neraca pembayaran
Ekonomi mikro merupakan kegiatan perekonomian yang mempelajari hanya pada bagian kecilnya, artinya bagian kecilnya yaitu seperti perilaku konsumen dan perusahaan serta penentuan harga-harga pasar dan kuantitas faktor input, barang, dan jasa yang diperjualbelikan. Dalam perkembangan ekonomi mikro yang kini telah melahirkan beragam teori dan konsep mengenai ekonomi regional, ekonomi manajerial, ekonomi lingkungan, dan ekonomi sumber daya alam.
Dalam aspek analisis Ekonomi Mikro adalah sebagai berikut..
  • Analisis biaya dan manfaat
  • Teori permintaan dan penawaran
  • Elastisitas
  • Model-model pasar
  • Industri
  • Teori produksi
  • Teori harga

Perbedaan Ekonomi Makro dan Mikro

Harga
Harga adalah nilai dari suatu komoditas atau barang tertentu saja
Harga adalah nilai dari suatu komoditas secara keseluruhan atau agregat
Unit analisis
Pembahasan tentang kegiatan ekonomi yang melibatkan secara individual. Contohnya permintaan dan penawaran, pasar, biaya dan laba atau rugi dari suatu perusahaan
Pembahasan tentang kegiatan ekonomi secara agregat atau keseluruhan. Contohnya pendapatan nasional, inflasi, deflasi, investasi, pertumbumhan ekonomi.
Tujuan analisis
Ekonomi mikro lebih memfokuskan terhadap tujuan analisis tentang cara mengalokasikan sumber daya yang dimiliki agar dapat tercapai kombinasi yang tepat.
Ekonomi makro lebih memfokuskan terhadap tujuan analisis tentang pengaruh kegiatan ekonomi yang dilakukan terhadap perekonomian yang terjadi secara keseluruhan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bentuk Organisasi, Hirarki Tanggung Jawab dan Pola Manajemen

Pemasaran Global dan Contoh Kasusnya

Jenis Pasar, Latar Belakang Monopoli, Dan Etida dalam pasar kompetitif