Strategi Penjualan = Peningkatan Penjualan

Strategi Penjualan = Peningkatan Penjualan

Tahukah Anda bahwa penjualan dan distribusi yang superior dengan sendirinya dapat menciptakan sebuah monopoli, bahkan untuk produk yang tidak memiliki keistimewaan sekalipun. Tidak peduli seberapa hebat produk yang Anda jual, bahkan seandainya produk tersebut sangat dibutuhkan oleh masyarakat pada umumnya dan disukai oleh para pembeli, Anda harus tetap mendukung strategi pemasarannya dengan berbagai rencana distribusi yang ampuh.
Dalam usaha penjualan produk, teknik dan strategi pemasaran sangat berpengaruh pada jumlah penjualan produk yang Anda akan jual. Selain mempertahankan prosesmarketing, Anda juga dapat membuat para konsumen Anda tetap loyal terhadap pembelian produk Anda.
Oleh karena pemasaran memegang peranan penting dalam penjualan, izinkan Tim Finansialku memberikan beberapa tips yang efektif dan efisien untuk Anda dalam menjaga stabilitas penjualan dan distribusi produk kepada konsumen dengan baik, selain itu tentu saja dapat meningkatkan arus penjualan produk Anda.

#1 Kenali Pasar dan Calon Pelanggan

Sebelum menjual produk, Anda perlu mengenali dan mengidentifikasi pasar yang akan dituju dan tentu saja sasaran dari calon pembeli dan pelanggan Anda. Targetkan beberapa target market Anda menjadi beberapa kategori. Apabila barang yang akan Anda pasarkan berupa kaos sport atau jersey, kelompokkan usia pembeli dan jugagender mereka sesuai dengan barang yang akan Anda pasarkan.
Dengan mengetahui target pasar dan pelanggan, Anda tidak akan membuang banyak waktu dan tenaga dan malahan lebih terfokus dengan sasaran Anda. Ketika Anda memiliki pelanggan dari toko Anda, hubungan antar pembeli dan penjual juga perlu diperhatikan.

#2 Pemilihan Lokasi Pemasaran

Dalam menjual produk, lokasi pemasaran juga menentukan omzet penjualan produk Anda. Rasanya mustahil dapat menjual produk di tempat yang sepi dan tidak banyak orang berlalu lalang. Demikian juga sesuaikan produk yang Anda jual dengan target pasar Anda.
Apabila Anda ingin menargetkan calon pelanggan Anda adalah kaum ibu, Anda dapat membuka toko di dekat sekolah dimana banyak kaum ibu akan menjemput anaknya dan bisa mampir ke toko Anda. Atau Anda menjual peralatan kebutuhan sekolah dan kantor di area dekat gedung sekolah dan perkantoran. Pemilihan lokasi yang strategis dapat meningkatkan penjualan produk Anda.

#3 Membagi Produk Sample dan Promo Menarik

Dewasa ini banyak promo menarik seperti buy 1 get 1 free atau beli 2 dapat potongan 50% untuk pembelian ke-3. Siapa yang tidak tergiur dengan promo? Bahkan mereka yang sebetulnya tidak memerlukan produk tersebut sebelumnya, karena melihat tawaran promo yang menggiurkan malahan berubah pikiran untuk membelinya. Munculkan ide-ide kreatif Anda dalam melakukan pemasaran.
Apabila Anda menjual makanan ringan seperti snack, Anda dapat membagikan sampleproduk Anda dengan meminta calon konsumen untuk dapat menyicipi sedikit dari snackyang Anda jual. Hal ini dapat menarik perhatian dari para konsumen untuk dapat membeli produk Anda karena mereka dapat merasakan sedikit dari produk Anda yang berkualitas tanpa harus membelinya terlebih dahulu.
Setidaknya mereka dapat merasakan produk Anda dan menilai kualitas dari produk tersebut sehingga dapat memutuskan untuk membeli produk Anda dengan keyakinan dari rasa yang sudah dicicipi sebelumnya.
Peluang Usaha Rumahan dan Bisnis Sampingan Menjelang Lebaran 01 - Finansialku

Setelah konsumen Anda membeli produk Anda, jangan hanya stuck sampai disitu. Perjalanan strategi pemasaran Anda belum selesai. Anda perlu menanyakan kualitas dan keluasan dari produk serta pelayanan yang diberikan kepada mereka. Ini adalah salah satu strategi untuk membuat mereka tetap “lengket” dengan kita sehingga konsumen merasa diperhatikan dan dilibatkan dan pembuktian kualitas produk Anda.

#4 Gunakan Media Sosial

Di era digital yang serba semakin modern dan kecanggihan smartphone serta teknologi komunikasi yang dapat mendekatkan yang jauh, mari manfaatkan hasil karya otak manusia melalui Media Sosial. Senjata ini sangat ampuh untuk mendapatkan konsumen-konsumen yang tidak terjangkau secara fisik oleh kita.
Produk yang kita pasarkan dapat dikenal oleh orang-orang dari berbagai belahan dunia, tanpa Anda harus mengeluarkan ongkos pergi ke sana. cukup dengan mem-postingproduk yang Anda jual pada media sosial dan tentu saja dengan berbagai maintenancedan menambah jumlah pertemanan dan jejaring sosial, maka seluruh dunia dapat mengakses produk Anda. Siapa tahu produk yang Anda jual adalah produk yang mereka cari.


Fokus Pada Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran sangat dibutuhkan agar produk yang Anda jual dapat lebih dikenal secara luas oleh masyarakat dan tentu saja Anda mendapatkan banyak pelanggan darinya. Jangan heran apabila Anda berfokus juga pada strategi pemasaran yang Anda lancarkan, maka penjualan Anda akan semakin meningkat dan tentu saja menambah keuntungan bagi bisnis Anda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bentuk Organisasi, Hirarki Tanggung Jawab dan Pola Manajemen

Pemasaran Global dan Contoh Kasusnya

Jenis Pasar, Latar Belakang Monopoli, Dan Etida dalam pasar kompetitif